Teks Prosedur: Pengertian, Struktur, dan Contoh Teks Prosedur

Teks Prosedur: Pengertian, Struktur, dan Contoh Teks Prosedur

Masih berkata materi latihan bahasa Indonesia kurikulum 2013 (kurikukum nasional) di ruang belajar delapan SMP semester 1 dan ruang belajar 10 SMA / SMK, pengarang akan menyuruh pembaca sekalian guna lebih mengenal, mengetahui struktur Teks Prosedur. Sebelumnya pembaca sudah disuruh untuk mengenal dan mengetahui Struktur Teks Cerita Fabel dan Struktur Teks Biografi, sekarang saatnya mengenal dan mengetahui Struktur Teks Prosedur.

Pengertian Teks Prosedur

Teks prosedur ialah teks yang di dalamnya berisikan destinasi dan tahapan melakukan atau menciptakan sesuatu.
 

Struktur Teks Prosedur

Secara garis besar, Teks Prosedur mempunyai 2 struktur yaitu bagian Tujuan dan unsur Langkah-langkah. Bagaimana dan laksana apakah destinasi dan langkah-langkah dalam menciptakan Teks Prosedur, inilah akan diterangkan beserta contohnya.
 

Contoh Teks Prosedur

Di bawah ini bakal disajikan suatu bacaan yang berjudul Pencangkokan Tanaman. Adapun lebih jelasnya ialah sebagai inilah :

    Pengembangan tumbuhan dapat dilaksanakan melalui pencangkokan. Selain gampang dilakukan, pencangkokan pun murah biayanya. Hal ini dilaksanakan guna menemukan keturunan dari pohon yang dicangkok yang lebih baik, sampai-sampai buah atau hasil yang diperoleh lebih maksimal. Sebagai misal yakni pencangkokan tanaman mangga dapat mendapatkan buang mangga yang lebih baik dari mangga yang dicangkok. Selain keunggulan yang dilafalkan di atas hasil pencangkokan mempunyai masa tumbuh yang relatif lebih singkat, dikomparasikan ditanam melewati biji atau benih.


    Dalam prakteknya pencangkokan tumbuhan memiliki keunggulan dan kekurangan/ kerugin. Keuntungan yang dapat didapatkan melalui pencangkokan tananman antara lain, tumbuhan berbuah lebih cepat, bobot buah yang didapatkan sama dengan induknya. Sementara kerugiannya yakni tumbuhan hasil pencangkokan melulu mempunyai akar serabut sampai-sampai lebih gampang tumbang/ roboh dikomparasikan dengan andai ditanam secara umum.


    Dalam mengerjakan proses pencangkokan diperlukan sejumlah alat dan bahan, diantaranya yaitu satu bilah pisau, tali plastik/ tali bambu, plastik transparan/ sabut kelapa/ ijuk dan tanah yang agak basah dan subur. Alat dan bahan itu sangat urgen sekali dalam mengerjakan proses pencangkokan sekian banyak  tanaman yang memang dapat dilakukan pencangkokan.


    Adapun tahapan dalam mengerjakan pencangkokan yaitu :

  • Carilah dahan yang ukuran batang pohon dan lokasi yang bakal dikupas sangat sedikit 10 cm
  • Ukurlah jarak antara batang pohon dan lokasi yang bakal dicangkk dengan panjang pembahasan 5 cm
  • Kupaslah sekeliling kulit dahan yang bakal dicangkok dengan panjang pembahasan 5 cm
  • Keriklah lendir atau kambium dahan itu dengan perlahan supaya kering
  • Tutuplah hasil pembahasan dengan tanah
  • Bungkuslah tanah dengan plastik, kemudian ikat kedua ujungnya supaya tanah tidak jatuh.

    Setelah semua tahapan dilakukan, maka kerjakan pemantauan seminggu sekali, guna menyaksikan perkembangannya. Apakah tanah pencangkkan tersebut kering, siramlah dengan membuka tali pengikat unsur atas cangkokan. Setelah dua atau tiga minggu, tunas hasil cangkokan bakal tumbuh pada unsur tanah yang dibungkus. Maka urusan tersebut dapat dikatakan proses pencangkokan berlangsung dengan lancar.


Tulisan di atas adalahtulisan tentang prosedur pencangkokan tanaman. Namun, artikel di atas belum diklasifikasikan apakah masuk ke dalam destinasi atau langkah-langkah dalam struktur Teks Prosedur. Berikut ini bakal diklasifikasikan ke dalam Tujuan dan langkah-langkah struktur teks prosedur.


 

Share This :