Pengertian Pergesaran Makna

Pengertian Pergesaran Makna

Pengertian Pergesaran Makna

Paragraf ialah rangkaian kalimat yang saling mempunyai kebersangkutanan dan menyusun kesatuan usulan yang terdiri dari gagasan pokok dan kalimat penjelas. Berdasarkan keterangan dari KBBI definisi paragraf ialah bagian bab dalam sebuah karangan (biasanya berisi satu gagasan pokok dan penulisannya dibuka dengan garis baru; alinea. Dari dua definisi tersebut dapat disebutkan bahwa paragraf ialah suatu unsur yang mesti ada dalam suatu karangan untuk menyusun sebuah usulan utuh.

Paragraf adalah unsur urgen dalam sebuah wacana. Unsur wacana yang bakal terbentuk ditentukan oleh sejumlah alinea yang hadir dalam karangan tersebut. Berdasarkan keterangan dari letak kalimat utama atau usulan pokoknya, paragraf terbagi menjadi tiga jenis yakni paragraf deduktif, induktif dan campuran. Pada ulasan kali ini bakal dipaparkan tentang ketiga jenis jenis paragraf tersebut.

Paragraf Deduktif

Deduktif ialah jenis paragraf yang dikembangkan dengan pola deduksi. Pola deduksi berawal dengan deskripsi hal yang mempunyai sifat umum lantas menyebarkan urusan khusus. Paragraf deduktif dapat dilihat dari letak kalimat utamanya yang berada di mula alinea.

Beberapa ciri paragraf deduktif yang dapat dilihat antara lain:

  • Letak gagasan pokok di mula paragraf
  • Ide pokok tersusun dari pengakuan umum dibuntuti dengan keterangan yang mempunyai sifat khusus

Contoh paragraf deduktif :

Fenomena macet telah biasa dijumpai di sejumlah kota besar di Indonesia. Hal itu dapat dikarenakan sejumlah sebab diantaranya ialah volume kendaraan yang telah tinggi dan mendahului target dan kapasitas jalan. Di samping itu, tingkat kesadaran penduduk yang tidak cukup disiplin serta masih banyaknya aparat yang tidak cukup tegas menindak pelanggaran pemakai jalan yang semakin menyebabkan lalu lintas tidak terkendali.

Internet paling bermanfaat untuk manusia. Dengan kemerdekaan mengakses jaringan internet saya dan anda bisa mudah mengetahui sekian banyak  informasi di belahan dunia manapun. Disamping menjadikannya media informasi, internet juga dipakai sebagai perangkat komunikasi untuk sebagian orang yang menggunakan software sosial media. Banyak urusan yang ternyata dapat dijangkau melulu dengan sekali klik memakai jasa internet sampai-sampai masyarakat pun paling terbantu dengan fasilitas ini.

Sosok ibu paling besar peranannya untuk sebuah keluarga. Sebagian besar orang tentu setuju dengan pengakuan tersebut. Kita tidak dapat melengkapi dan menyiapkan segala kebutuhan hidup tanpa bantuannya. Sebuah family akan paling bergantung pada peran seorang ibu. Mulai dari makanan, perlengkapan, dan keperluan rumah seringkali dilakukan ibu tanpa mengeluh. Tentunya urusan itu semakin menyadarkan kita guna tidak menyangkal segala nasihat ibu dan menghargainya lebih baik lagi.

Disiplin menjadi persoalan di lingkungan sekolah belakangan ini. Hal itu terjadi karena tidak sedikit siswa yang tidak jarang datang terlambat. Apalagi sejumlah hari ini saat dilangsungkan ujian tengah semester masih pun ada yang terlambat. Persoalan tersebut lantas dirapatkan oleh komite sekolah yang menghasilkan kepandaian soal hukuman lari keliling lapangan andai terbukti terlambat lebih dari sepuluh menit.

Kecelakaan dampak kelalaian kerja masih tidak jarang terjadi. Sepanjang tahun 2016, tercatat telah 15 orang meninggal dikarenakan kemalangan kerja khususnya di pabrik- pabrik distrik perkotaan. Korban meninggal tidak melulu berasal dari pekerja saja, tetapi sejumlah warga sipil yang bermukim di lingkungan pabrik turut menjadi korban. Insiden kemalangan tersebut tidak sedikit yang diakibatkan konsleting aliran listrik sebab pekerja yang tak sempat mematikan arus listrik ketika meninggalkan pabrik.

Paragraf Induktif

Induktif ialah jenis paragraf yang dikembangan dengan pola induksi, yakni dengan mengemukakan hal- urusan yang eksklusif kemudian diputuskan dengan urusan yang lebih umum. Dapat disebutkan paragraf induktif ialah paragraf yang letak kalimat utamanya di akhir paragraf. Pola pengembangan paragraf induksi dapat dilaksanakan dengan teknik generalisasi, sebab-akibat, akibat-sebab, dan analogi.

Beberapa ciri paragraf induktif :

  • Paragraf dimulai dengan penjelasan- keterangan khusus
  • Penjelasan khusus lantas digeneralisasikan menjadi suatu benang merah di akhir paragraf
  • Kalimat penjelas yang terdapat sebelum kalimat utama berupa fakta, contoh, rincian eksklusif atau bukti- bukti yang menyokong pernyataan di akhir kalimat
  • Pola pengembangan generalisasi ialah pola pengembangan kalimat dengan pengakuan khusus sangat serupa dengan pengakuan kalimat utamanya
  • Pola pengembangan kausalitas (sebab-akibat) ialah pola pengembangan yang menggunakan kenyataan untuk mempertegas kesimpulan
  • Pola pengembangan analogi ialah pola pengembangan yang mencocokkan dua urusan yang mempunyai kesamaan.

Contoh paragraf Induktif :
 

Setelah banjir surut, anak-anak yang sukses dievakuasi kemarin diantar ke pelayanan medis terpaksa untuk diserahkan pemeriksaan. Ternyata permasalahan penyakit yang diderita anak- anak korban banjir bandang tersebut lumayan beragam. Sebanyak 15 anak merasakan diare akut, 2 anak menderita penyakit kulit, dan 4 anak dijamin terkena demam berdarah. Dapat disebutkan banjir bandang yang melanda Denpasar minggu lalu tersebut membawa akibat yang buruk untuk kesehatan anak korban banjir.

Keterangan : Paragraf induktif diatas memakai pola generalisasi   
Share This :