Pengertian Paragraf Naratif dan Contohnya

Pengertian Paragraf Naratif dan Contohnya

Pada pembelajaran kali ini Anda bakal mempelajari wacana berupa Menulis Gagasan dalam Bentuk Paragraf Naratif . Adapun pembahasannya mencakup Pengertian paragraf naratif, Macam-macam Paragraf Naratif, Contoh Paragraf Naratif.

Pengertian Paragraf Naratif


Menulis Gagasan dalam Bentuk Paragraf Naratif

Anda tentu tidak jarang membaca sekian banyak  jenis teks atau wacana. dari sekian banyak  jenis wacana tersebut tentu ada yang berjenis narasi, deskripsi, dan persuasi. Semua jenis wacana itu memiliki ciri khas masing-masing.

Macam-macam Paragraf Naratif

Secara umum, paragraf naratif dipisahkan menjadi dua kelompok sebagai berikut.

1. Paragraf Naratif Urutan Waktu

Paragraf Naratif Urutan Waktu menonjolkan sisi urutan masa-masa terjadinya peristiwa. urusan ini tidak jarang disebut dengan istilah kronologi. Kata-kata yang menunjukan penanda waktu, antara beda itu, mulai besok, dua minggu yang lalu, sejumlah hari yang lalu, pukul 09.00 WIB, kemarin, dan nanti.

Paragraf naratif bisa berupa kenyataan dan fiktif. Naratif kenyataan berupa biografi atau autobiografi sebuah tokoh. naratif fiktif berupa karya sastra yang menyusun prosa, laksana cerpen, novel, dan drama.

Berikut ialah contoh paragraf naratif urutan waktu

Pagi ini keadaan tampak beda dari hari-hari sebelumnya. Semua murid tampak hendak sekali dan energik karena pukul 08.00 nanti akan diselenggarakan karnaval kebudayaan yang melibatkan seluruh siswa ruang belajar X sampai kelas XII tanpa kecuali. Semua format perlengkapan kostum dan properti sudah disiapkan sejumlah hari sebelum karnaval kebudayaan ini dilaksanakan.

2. Paragraf Naratif Urutan Kejadian

Paragraf naratif urutan lokasi menonjolkan lokasi atau tempat terjadinya peristiwa.

Berikut Ini Contoh Paragraf Naratif Urutan Tempat

Diteras gedung pengadilan megah tersebut berkerumun puluhan orang. Bahkan, barangkali ratusan. Kabarnya mereka bakal menjadi suporter di antara temannya yang bakal diadili dalam permasalahan korupsi. Sesaat diruang sidang, hakim membuka persidangan. Gerombolan orang tadi beberapa telah mengisi kursi dalam ruang yang sama. gaduh sekali suasananya. Hakim berjuang menenangkan suasana. Sidang diskor. Jaksa, hakim, dan pengacara meninggalkan tempat mengarah ke ruang eksklusif di lantai dua. Di sana, saksi dan tertuduh duduk gelisah.                       
Share This :