Pengertian Naratif: dan Ciri-ciri nya

Pengertian Naratif: dan Ciri-ciri nya

Pengertian Naratif: dan Ciri-ciri nya

Teman-teman pasti anda sering membaca sekian banyak  jenis teks atau wacana. Dari sekian banyak  jenis wacana tersebut tentu ada yang berjenis narasi, deskripsi, dan persuasi. Semua jenis wacana itu memiliki ciri khas masing-masing. Berikut ini akan diterangkan tentang definisi paragraf naratif, ciri-ciri paragraf naratif, misal paragraf naratif, macam-macam paragraf naratif dan contohnya. Yuk anda simak pembahasannya.

Pengertian Paragraf Naratif

Secara sederhana, paragraf dapat ditafsirkan sebagai susunan kalimat yang dibentuk untuk menyatakan sebuah gagasan pokok. Ada tidak sedikit cara menyusun kalimat-kalimat supaya menjadi paragraf yang gampang difahami.

Cara menyusun kalimat dinamakan dengan pola pengembangan paragraf atau tidak jarang pula disebut kiat pengembangan paragraf.

Ada sejumlah pola pengembangan paragraf, antara beda pola deduktif, induktif, karena akibat, deskriptif, proses, contoh, pertentangan, perbandingan, dan kronologis.

Biasanya dalam kejadian atau dalam peristiwa tersebut, tokohnya merasakan kejadian penting. Sesuatu yang dirasakan tokoh atau konflik antar figur akan menjadi unsur yang unik dalam suatu naratif.

Pada paragraf naratif, kalimat satu dan kalimat yang beda mempunyai hubungan yang berurutan. Dalam paragraf naratif, masing-masing peristiwa - yang dituangkan dalam format kalimat - mempunyai sifat kronologis. Bagi menghubungkan kalimat-kalimat pada paragraf itu, dipakai penghubung (konjungsi).

Ciri-ciri Paragraf Naratif

  •     Ada tokoh, tempat, waktu, dan keadaan yang diceritakan
  •     Mementingkan urutan masa-masa maupun urutan peristiwa
  •     Tidak melulu ada dalam karya rekaan (cerpen, novel, roman) tetapi pun ada dalam artikel nonfiksi (biografi, kisah nyata dalam surat kabar, sejarah, riwayat perjalanan).

Contoh Paragraf Naratif

Dialah Cesi Nurbandini. Umur tujuh tahun. Ibunya pengarit rumput, ayahnya kuli bangunan. Mereka bermukim di Dawuran, suatu desa subur di Plered, Bantul, nun diselatan Yogyakarta. Mrski upah sang ayah kecil, istri dan anaknya bahagia. Cesi punya boneka panda besar.

Sabtu pagi, 27 Mei, si kecil mendampingi ibu menyapu halaman. Ayahnya masih tidur, lelah sesudah sehari sebelumnya bekerja hingga sore. Tiba-tiba tanah bergoyang. Tanah di halaman lokasi tinggal mereka terbelah, pohon-pohon di samping lokasi tinggal jumpalitan. Secepat kilat ibunya menyambar tubuh Cesi, kemudian berlari ke jalan raya. Kencang. Sang ibu tiba-tiba berhenti. Cesi nyaris terlempar. Perempuan tersebut histeris berteriak-teriak sejadi-jadinya memanggil suaminya. tak terdapat sahutan.

Dari kejauhan terlihat lokasi tinggal mereka sudah roboh. Rata tanah. Debu menukik ke langit, namun ayah Cesi kemana? Perempuan tersebut takut pulang kerumah karena tanah terus bergerak. Sembari menggendong Cesi, dia megap-megap kerumah Mbah Putri (nenek) yang tak berapa jauh dari lokasi tinggal mereka. Ya ampun, lokasi tinggal si Mbah pun sudah rata dengan tanah. (Tempo, 11 Januari 2006)

Macam-macam Paragraf Naratif

Secara umum, Paragraf naratif dipisahkan menjadi dua kelompok sebagai berikut.

Paragraf Naratif Urutan Waktu

Paragraf naratif urutan masa-masa meninjolkan sisi urutan masa-masa terjadinya peristiwa. Hal ini tidak jarang disebut dengan istilah kronologi. Kata-kata yang menunjukan penanda waktu, antara beda itu, mulai besok, dua minggu yang lalu, sejumlah hari yang lalu, pukul 09.00 WIB, kemarin, dan nanti.

Paragraf naratif bisa berupa kenyataan dan fiktif. Naratif kenyataan berupa biografi atau autobiografi sebuah tokoh. Naratif fiktif berupa karya sastra yang menyusun prosa, laksana cerpen, novel, bdan drama.

Contoh Paragraf Naratif Urutan Waktu

Pagi ini keadaan tampak beda dari hari-hari sebelumnya. Semua sisiwa tampak hendak sekali dan energik karena pukul 08.00 nanti akan diselenggarakan karnaval kebudayaan yang melibatkan seluruh siswa ruang belajar X sampai kelas XII tanpa kecuali. Semua format perlengkapan kostum dan properti sudah disiapkan sejumlah hari sebelum karnaval kebudayaan ini dilaksanakan.

Paragraf Naratif Urutan Tempat Kejadian

Paragraf naratif urutan lokasi menonjolkan lokasi atau tempat terjadinya peristiwa.

Contoh Paragraf Naratif Urutan Tempat

Di teras gedung pengadilan megah tersebut berkerumun puluhan orang. Bahkan, barangkali ratusan. Kabarnya mereka bakal menjadi suporter di antara temannya yang bakal diadili dalam permasalahan korupsi. Sesaat diruang sidang, hakim membuka persidangan. Gerombolan orang tadi beberapa telah mengisi kursi dalam ruang yang sama. Gaduh sekali suasananya. Hakim berjuang menenangkan suasana. Sidang diskor. Jaksa, hakim, dan pengacara meninggalkan tempat mengarah ke ruang eksklusif di lantai dua. Di sana, saksi dan tertuduh duduk gelisah.

Demikianlah ulasan kali ini tentang pengertian paragraf naratif, ciri-ciri paragraf naratif, misal paragraf naratif, macam-macam paragraf naratif dan contohnya. Semoga berfungsi untuk anda semua. Terima kasih                       
Share This :